Ramlah Mokodompis, Kepala Dipertanak Boltim./ist

FajarTotabuan.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak), Senin (20/06) belum lama ini menggelar Sosialisasi penerapan gerakan tanam jajar legowo.

Bupati Boltim, Sehan Salim Landjar yang sempat memberikan sambutan pada pelaksanaan kegiatan memaparkan beberapa misi pembangunan yang hendak dicapai, dimana salah satu diantaranya terkait dengan sektor pertanian yang tertuang dalam visi yaitu memantapkan sektor pertanian dan perikanan yang unggul, mandiri, dan sejahtera.

"Pembangunan lima tahun kedepan, sektor pertanian dan perikanan merupakan sektor andalan di Kabupaten Boltim. Ini dapat menopang pendapatan masyarakat dalam menunjang perekonomian di Daerah ini," jelasnya.

Salah, katanya, satu program Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo adalah mewujudkan kemandirian pangan dengan menggerakkan sektor - sektor strategis.

"Sebagaimana tertera dalam sembilan agenda prioritas pembangunan oleh Presiden dan wakil Presiden yakni salah satunya meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar, maka penanggulangan kemiskinan pertanian dan regenerasi petani menjadi fokus utama pembangunan pertanian," terang Bupati.

Di saat yang berbeda, kepala Dispertanak Boltim, Ramlah Mokodompis menambahkan, jika kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan pemberian bantuan bagi para petani di Boltim.

"Bantuannya yakni Combine Harvester sebanyak 10 Unit, Conseler 16 unit, Traktor 15 unit, dan Alat Panen sebanyak 10 unit. Bantuan ini diberikan untuk mendukung pencapaian sasaran produksi dan merupakan salah satu upaya pemecahan masalah dari aspek jumlah populasi tanam." tambah Ramlah menjelaskan.

Diapun berharap agar bantuan yang telah diberikan dapat memberi manfaat bagi pencapaian tingkat kesejahteraan masyarakat tani di Boltim.

"Setelah pemberian bantuan ini kami juga tidak hanya melepas tangan begitu saja, namun tetap akan selalu turun ke lapangan, untuk mengecek alat dan hasil produksi para petani," tutupnya.

Dari hasil pantauan media ini, sempat hadir dalam pelaksanaan kegiatan yakni, Komandan Kodim 1303 Bolmong, para Kepala Dinas, Badan, Kantor, dan sejumlah Kepala Bagian di Lingkup Pemkab Boltim, Kapolsek Kotabunan, Para Sangadi penerima program kegiatan Bumdes, serta Para pengurus dan kelompok tani penerima bantuan. (Fery)

Post A Comment:

0 comments: