Kegiatan pemilihan TPID Kecamatan Poigar di Aula Kantor Kecamatan, Senin (09/10).

FajarTotabuan.com, BOLMONG - Pemilihan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) di Kecamatan Poigar diduga tercoreng. Terindikasi ada orang 'titipan' dalam pemilihan sekaligus pembentukan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan, Senin (9/10) kemarin.

"Setahu saya, tiap desa hanya mengutus tiga orang dalam pelaksanaan Musyawarah antar desa kemarin. Ketiga orang ini, merupakan hasil rekomendasi Sangadi ditiap-tiap desa," kata Sutarti Potabuga, salah satu utusan dari desa poigar III.

Yang membuat ia heran, justru ketika pelaksanaan musyawarah yang difasilitasi Camat Poigar dan sejumlah pendamping desa, ketambahan 1 orang yang diduga merupakan titipan.

"Saya sempat menanyakan ke salah satu panitia sekaligus fasilitator pemilihan TPID Pak Suriawan Muda, namun katanya, orang tersebut merupakan delegasi pihak kecamatan," kesal wanita ini.

Seharusnya menurut Potabuga, kalau memang pelaksanaan musyawarah sekaligus pemilihan TPID Kecamatan sudah menjadi hak proregatif pihak kecamatan, maka untuk apa lagi melayangkan undangan ke tiap-tiap desa, dengan dalih musyawarah antar desa.

"Jangan sampai ada indikasi titip-titipan, bukannya saya tidak suka karena gagal terpilih, namun panitia harusnya menjaga profesionalitas, saya belum tau aturannya seperti apa, namun terinformasi, kandidat yang mengikuti pemilihan (TPID), itu harus melalui rekomendasi Sangadi setempat," tegasnya.

Sehingga itu, apabila ini mengangkangi aturan, maka ia meminta pemerintah kabupaten membatalkan hasil pemilihan TPID di kecamatan Poigar.

Sayangnya, hingga berita ini naik tayang, salah satu panitia pemilihan TPID Kecamatan Poigar, Suriawan muda, belum bisa dikonfirmasi terkai persoalan ini. Begitupun dengan Camat Poigar, Deddy R. Mokodongan, S.Sos, MM, juga belum bisa dimintai tanggapannya.

Diketahui, pada Senin kemarin, Camat Poigar dan para pendamping desa mengundang perwakilan dari tiap desa yang ada di kecamatan Poigar, untuk melakukan musyawarah sekaligus pemilihan TPID tingkat kecamatan. Para kepala desa diminta mengirimkan 3 orang untuk mengikuti pemilihan. Dari hasil pemilihan ini, didapatkan 7 orang TPID kecamatan salah satunya orang yang didelegasikan oleh pihak kecamatan berinisial ASM alias Agus.

SVG

Post A Comment:

0 comments: